Tak ada masalah tanpa jalan keluar

Diceritakan, di satu kantor, ada seseorang pemimpin yang menginginkan menambah jabatan anak buahnya. Tetapi, ia kebingungan, siapa yang bakal dinaikkan jabatannya. Karenanya, ia coba mengetes dua orang yang dinominasikan untuk menempati jabatan itu. Ia lalu memanggil pemuda pertama. “Kemarin perusahaan ada kerugian dibagian penjualan lantaran selisih harga produksi dengan penjualan. Apa responmu..? ”


Pemuda pertama dengan tergopoh-gopoh menjawab, “Maaf Pak. Itu lantaran si A ceroboh mengkalkulasi barang. Serta, si B dibagian pencatatan juga kurang cermat. Sedang saya, tidak dapat apa-apa lantaran semuanya barang telah keluar serta tidak dapat ditarik lagi. ” Demikianlah, pemuda pertama mencari-cari argumen pembenar hingga ia tidak disalahkan.

Sesudah sebagian waktu, pimpinan itu memanggil pemuda ke-2. Ia juga ajukan pertanyaan hal yang sama. Pemuda ke-2 menjawab, “Maaf Pak. Saya memanglah salah lantaran ceroboh kurang memberi arahan pada B, yang mencatat data dari A waktu mengkalkulasi barang. Namun, saya coba mengoreksi serta telah menghubungi konsumen untuk menerangkan permasalahan ini. ”

Bila Anda jadi pimpinan, siapa yang lebih layak Anda naikkan jabatannya? Kebanyakan orang, tentu sepakat bila pemuda ke-2 yang aktif bergerak mempertanggungjawabkan pekerjaan serta mencari jalan keluar bakal memperoleh kenaikan jabatan.

Demikianlah, ciri-ciri orang memanglah berbagai macam. Tetapi, orang yang bertanggungjawab serta mempunyai kelebihan pribadi, pastinya akan mempunyai nilai plus dengan semangat mencari jalan keluar. Berikut ciri orang yang pintar atau bijak. Demikian sebaliknya, orang yang miskin mental, semakin lebih terasa nyaman dengan mencari-cari banyak argumen. Dengan argumen itu, ia bakal berlindung supaya tidak disalahkan. Ke-2 hal tersebut sebagai ketidaksamaan basic yang memastikan kwalitas hidup seorang.

Cerita diatas, begitu relevan dengan keadaan sekarang ini. Beberapa orang yang kerap mencari “kambing hitam” untuk disalahkan. Sesaat, untuk yang ingin maju, senantiasa berupaya mencari jawaban serta jalan keluar atas semuanya masalah. Ini searah juga dengan apa yang kerap saya ungkapkan, “Orang berhasil senantiasa keunggulan satu langkah, orang tidak berhasil senantiasa keunggulan satu argumen. ”

Dengan ciri-ciri senantiasa mencari jalan atau jalan keluar atas semuanya masalah, kita bakal temukan banyak inspirasi brilian. Serta, dengan inspirasi itu, ia bakal selekasnya lakukan bebrapa aksi yang membawanya pada satu hasil yang dikehendaki. Lihatlah contoh yang telah jadi riil. Bila Sekarang ini orang kerap kerepotan untuk isi lagi hp dari sebagian merk. Jadi, terakhir telah nampak inovasi pengisi lagi baterai yang dapat dipakai untuk beragam merk sekalian. Semuanya penemuan itu pastinya nampak dari beberapa orang pintar yang mempunyai semangat jalan keluar.

Ada lagi contoh yang sekian waktu lalu, nampak di iklan tv. Ada satu tayangan dimana seseorang sarjana yang cuma jadi tukang ojek kecurian motor yang jadi sumber mata pencariannya. Tetapi, karena keterdesakan itu, ia malah mempunyai inspirasi untuk bikin alarm motor dari pemutar musik yang dapat meneriakkan kata : curi.. curi.. Pada akhirnya, ia juga berhasil dengan usaha alarm sepeda motor.

Walau cuma tokoh rekaan di iklan, cerita itu jadi simbolisasi, kalau begitu orang pintar serta orang yang kreatif mencari jalan keluar, senantiasa mempunyai langkah ke depan untuk meraih berhasil yang didambakan. Serta, malah dengan permasalahan yang muncul, ia bakal mempunyai pengetahuan serta pengetahuan penambahan dari hasil kreasi menangani permasalahan. Sebab, ia selalu mencari serta mencari beragam jalan untuk menangani masalah. Bahkan juga, waktu menjumpai kegagalan dalam mencari jalan keluar, orang pintar tak akan gampang menyerah. Seperti air, waktu mengalir serta menabrak bebatuan, air bakal mencari jalan lain untuk kembali mengalir. Dengan semangat mencari jalan, keberhasilan bakal semakin dekat untuk jadi fakta.

Mari, menjadikan diri kita sebagai orang pintar yang mencari jalan—bukan mencari argumen. Hingga, otak bakal senantiasa terasah, inspirasi bakal senantiasa mengalir deras tanpa ada capek, serta pengetahuan juga selalu jadi tambah.